Bisnis Online System HomoIslamicus

Bisnis Online System HomoIslamicus

MASA kini tengah booming bisinis dengan cara online. Bisnis ini dianggap praktis karena pemasarannya melalui media interenet, tidak harus promosi berbusa-busa dan tawar menawar harga. Namun, pernahkah Anda mendengar bisnis online syariah?

InfoeMuslim Bisnis Online System HomoIslamicus
online syariah adalah transaksi bisnis yang dilakukan secara online melalui internet, serta sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah Islam. Dari studi disebutkan karakteristik seorang pengusaha E-preneur Muslim dengan kesyariahannya dalam menjalankan usaha dikenal dengan kajian studi homoIslamicus, sedangkan pengusaha pada umumnya dikenal dengan istilah scientific homoeconomicus. Ciri-ciri dari seorang E-preneur Muslim atau homoIslamicus memiliki empat karakter seperti berikut ini dalam menjalankan bisnisnya.

Bisnis Online System HomoIslamicus

Bisnis Universal
Seorang pengusaha Muslim yang akan merambah ke bisnis online atau yang meng-online-kan bisnisnya akan dihadapkan pada sebuah tantangan baru dimana ragam bisnis sifatnya boleh universal, namun harus dikemas dan mencakup semua aspek berbisnis yang diperbolehkan dalam syariah Islam.

Bebas dari Ghahar
Gharar adalah segala sesuatu yang bersifat tidak pasti. Dalam bisnis online syariah harus memastikan transaksi kepada pembeli bebas dari ghahar, yaitu bersih dari segala hal yang tidak diyakini kebenaran, yang mana hal yang sifatnya ambigu ini dilarang dalam agama Islam.

Transaksi Bisnis Sesuai Syariah
Bisnis online dalam sudut pandang Islam memperbolehkan segala jenis transaksi bisnis yang konsisten dengan hukum atau syariat Islam.

Bebas dari Bunga
Bisnis online yang syariah menawarkan transaksi bisnis yang bebas dari suku bunga atau riba. Meskipun begitu, me-mark up harga diperbolehkan, jika halnya transaksi dengan pembeli pembayarannya ditangguhkan menurut perjanjian.

Di Malaysia sendiri mereka menyebut bisnis ini dengan istilah Islamic E-business. Di negara yang sistem ekonomi Islam-nya maju ini pun penerapannya masih terus dikaji, terutama untuk diaplikasikan bagi usaha para enterpreneur Muslim, yang mana pengaplikasiannya sendiri banyak terlihat pada perbankan dan lembaga keuangan berbasis syariah.

Kesimpulannya, para E-preneur Muslim dengan bisnisnya yang berbasis syariah harus mengembangkan kepemimpinan berdasarkan empat karakteristik yang dimiliki oleh homoIslamicus seperti dijelaskan di atas.


Infoe Muslim
BERITA - HUKUM - VIDEO - OPINI - NASEHAT - KISAH

Sumber | republished by InfoeMuslim


Comments
0 Comments
Back to top