FOTO GUA HIRA Tempat Pertama Rasulullah Menerima Wahyu

FOTO GUA HIRA
Gua Hira, Makkah
Al-Qur'ān merupakan kitab suci umat islam berbahasa Arab, diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. melalui perantara Malaikat Jibril. Al-Qur'ān diturunkan tidak sekaligus, melainkan secara berangsur-angsur, dalam kurun waktu selama kurang lebih 23 tahun atau tepatnya 22 tahun 2 bulan 22 hari, 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah.

Terdiri atas 30 juz, 114 surat, 6.236 ayat, 74.437 kalimat, dan 325.345 huruf. Urut-urutan Surat yang terdapat dalam Al-Qur'ān bukan berdasarkan urutan turunnya ayat-ayat tersebut. Surat pertama yang terdapat dalam Al-Quran adalah Al- Fātihah (Qur'an Surah: 1) dan yang terakhir An-Nās (Qur'an Surah: 114). Dilihat dari tempat dan waktu penurunannya,  Al-Qur'ān terbagi menjadi dua bagian, yaitu ayat-ayat Makkiyah (19/30: 86 surat) dan Madaniyah (11/30: 28 surat).

 GUA HIRA Tempat Pertama Rasulullah Menerima Wahyu

Wahyu pertama adalah surat Al-'Alaq/96 (ayat 1-5), diturunkan pada malam 17 Ramadhan tahun 610 M. ketika Nabi Muhammad saw. (berusia 40 tahun) sedang berkhalwat (mengasingkan diri di tempat yang sunyi untuk bertafakur, beribadah, dsb.) di Gua Hira

Wahyu terakhir adalah surat Al-Māidah ayat 3, diturunkan pada tanggal 9 dzulhijjah tahun 10 Hijriyah di Padang Arafah ketika beliau sedang menunaikan haji wada' (haji perpisahan). Beberapa hari setelah menerima wahyu tersebut, Nabi Muhammad saw. wafat (8 Juni 632 M, Madinah, Arab Saudi).


Infoe Muslim
BERITA - HUKUM - VIDEO - OPINI - NASEHAT - KISAH

Sumber | republished by InfoeMuslim


Comments
0 Comments
Back to top